Cara Pemupukan Tambak Udang yang Baik dan Benar


Pemupukan lahan tambak sangat penting dilakukan sebelum pengisian air untuk menciptakan lingkungan tambak yang ideal bagi perkembangan udang nantinya. Pemupukan ini juga berfungsi untuk menumbuhkan plankton pada tambak sebagai pakan alami udang yang baru masuk serta membantu proses pengurairan bahan organiksupaya tidak berbahaya ketika udang masuk.

Pemupukan harus dilakukan dengan benar, karena jika ada tahapan yang salah dapat membuat tambak menjadi semakin beracun bagi udang. 

Berikut ini kami ulaskan untuk anda langkah-langkah pemupukan tambak yang baik dan benar.

1. Pengeringan Tambak

Sebelum tambak dipupuk, sebaiknya tambak dikeringkan terlebih dahulu. Pengeringan dilakukan dengan memanfaatkan sinar matahari selama 2-3 hari hingga tanah terlihat pecah-pecah.

2. Pembalikan Tanah

Tanah tambak yang sudah kering sebaiknya dibalikkan dengan menggunakan cangkul. Pembalikan tanah ini dilakukan dengan tujuan untuk membuang gas-gas beracun serta patogen sisa budidaya sebelumnya, sehingga tambak kembali pada kondisi awal.

3. Penebaran Pupuk

Pemilihan pupuk termasuk hal yang penting untuk dilakukan, untuk itu pastikan menggunakan pupuk yang tepat guna mendapatkan hasil yang maksimal. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk bubuk maupun cair.


Setelah itu pupuk dilarutkan ke dalam air dan aduk hingga merata. Selanjutnya, siramkan pupuk ke seluruh tanah tambak secara merata. Kemudian diamkan tambak selama 2 hari dan dilanjutkan dengan pengisian air pada tambak.


Anda bisa gunakan pupuk tambak organik TON dari NASA untuk membantu meningkatkan hasil panen udang anda nanti.
Produk ini sudah banyak dipakai dan hasilnya bagus terbukti dengan repeat order produknya yang semakin tinggi.

Untuk cara budidaya yang benar, anda bisa saksikan video dibawah ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pemupukan Tambak Udang yang Baik dan Benar"

Posting Komentar